Gigi Berlubang
image source : freepik.com

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Apabila gigi anda berlubang itu tandanya gigi ada tidak sehat, Ada banyak cara menangani gigi berlubang dan itu tergantung dari tingkat keparahan gigi tersebut.

Pada kebanyakan kasus penyebab gigi berlubang adalah PLAK, Yaitu zat yang lengket di mulut yang kemudian menjadi tumpukan kuman atau bakteri dan mengubah sisa makanan menjadi asam. Kemudian asam tersebut dapat merusak enamel pelindung pada gigi dan menyebabkan gigi menjadi berlubang. Jika terus di biarkan, maka plak pada gigi akan menjadi karang dan hal tersebut dapat mengganggu kesehatan dan struktur pada gigi.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang :

Memberikan Fluoride

Jika gigi berluabang masih tahap awal atau masih kecil, Memberikan fluoride bisa menjadi  solusi untuk membantu memperbaiki enamel gigi. Dengan menggosok Fluoride berjenis cairan, Gel, Busa atau Pernis selama beberapa menit. Fluoride ini banyak di jumpai di banyak merk pasta gigi yang ada di sekitar kita.

Menambal Gigi

Jika gigi sudah masuk ke tahap pembusukan awal Dokter biasanya akan melakukan penambalan pada gigi yang berlubang, Dengan cara gigi yang rusak harus d bor terlebih dahulu untuk membuang bagian yang rusak. Setelah di bor gigi akan di tambal dengan menggunakan zat seperti Emas, Perak, Resin Komposit, Por.

Perawatan Pada Akar Gigi

Apabil gigi sudah masuk pembusukan di bagian Pulpa atau Saraf yang sudah mati maka akan ada tindakan perawatan pada saluran akar gigi, Dengan cara membuang jaringan saraf, Jaringan Pembuluh Darah dan setiap daerah yang busuk pada gigi. Doker akan memberikan Crown (Mahkota) pada gigi sehingga gigi tidak perlu di cabut.

BACA JUGA  Tips Menggemukan Badan Secara Alami

Membuah Crown Gigi

Untuk Kerusakan parah atau gigi rapuh. Dokter kemungkinan akan membuatkan crown (mahkota) pada gigi untuk mengganti semua  crown alami pada gigi.  Crown buata bisa d buat menggunakan emas, Perak , Porselin logam lebur ataupun bahan bahan lain.

Cabut Gigi

Cara paling akhir jika gigi sudah masuk ke tahap pembusukan yang parah adalah dengan mencabut gigi berlubang tersebut. Biasanya gigi yang sudah di cabut akan meninggalkan ruang atau celah yang dapat membuat gigi lain bergeser. Oleh karena itu di sarankan untuk membuat bridge atau gigi palsu untuk menggantikan gigi yang sudah di cabut.

 

About administrator

Check Also

sakit punggung

Jenis dan Cara mengurangi Rasa Sakit Pada Punggung

Nyeri punggung bawah adalah gejala umum di antara orang-orang beradab modern. Ini terutama mempengaruhi orang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *